Pages

Senin, 22 Agustus 2011

RINJANI -PROLOG-


~ RINJANI - satu mimpi yg terealisasi ~

Kali pertama mendengar gunung ini tahun 2008, dari rekan yg saat itu naek kesana *sebut saja nez*,,belum tau gunung spt apa, dimana lokasi, berapa ketinggian.
Baru ngeh kalo trnyata -Rinjani- gunung tertinggi ke-3 di Indonesia dan lokasi di Lombok *salah satu pulau impian yg masuk wishlist kunjungan, krn sejak kecil srg mendengarnya dr papaku yg pernah kerja hampir 10 tahun di Bali-Lombok*
Kata orang siy gunung ini indah, termasuk pendakian bintang 5. Akhir tahun 2008 jg ada bbrp rekan dr STAPALA yg mengunjunginya. Hmmm makin tertarik.
Sayang Lombok itu mahal. Mahal sekali transport utk kesana. -___-“

Impian itu belum menggebu sampai kaki ini di Puncak Mahameru -tanah tertinggi di Jawa- akhir tahun 2009 silam.
Dr cerita si nez, jalur Rinjani lebik kompleks dan jauh lebih indah dr Semeru,,hmmm
Tim kami saat itu pun berencana tahun berikutnya mau berkunjung ke Rinjani bareng lg.
Oke, tepatnya akhir tahun 2010 kami harusnya ke Rinjani, bbrp kawan mulai mempertanyakan impian ini. Saya sendiri udah mulai mengumpulkan catper bbrp minggu sebelumnya, dan disebutkan waktu pendakian terbaik itu Juni-Juli, pas cuaca sdg bersahabat dan musim berbunga pun, yapp.. selain itu akhir tahun pastilah harga tiket mahal, belum lg saya masih ada tugas kantor.
Saya bilang ke yg lain, NOT NOW, Juni tahun depan saja, tp sejak itu pula info2 ttg Rinjani mulai saya kumpulkan, masuk ke folder ‘Rinjani Project’.
Mulai menyusun itinerary kasar, mulai cek2 tiket Jakarta-Mataram, -serius saya gak ada niat ngeteng, bukan sok kaya, hanya waktu yg habis buat di jalan bisa dipake utk lebih lama di Lombok-

Sempat terbersit mampir Tambora di Dompu Sumbawa ato Agung di Bali, kalau memungkinkan. Tentu saja info ttg kedua gunung itu pun jg saya kumpulkan.
Sering saya melempar isu Rinjani ke forum FB/twitter & tentu saja tinggi responnya. Banyak yg antusias. Ato sekedar antusias? Impian semata? Tanpa usaha? Entahlah.
Masuk bulan April, ada yg meminta saya utk segera membuat itinerary, bahkan ada itinerary saingan dr rekan lain *sebut saja yusman ‘lambhe’* yg berencana Mei kesana, wahh banyak sekali yg mau ikut bergabung, alamat gak dapet wadyabala nih saya, aplg tiket Juni pasti lebih mahal drpd Mei.
Mau memaksakan diri ikut yg bulan Mei pun sulit,,saya msh terikat kontrak tugas audit LKPD,,duuh gawat.

Yasuda dg keputusan bulat dan nekat, saya bikin itinerary utk akhir juni & saya gak maen2, ini serius bikinnya, hasil kompilasi catper dan info yg di folder Rinjani & udah saya rangkum di buku catatan saya. Berharap ada yg tertarik bergabung.
Lebih pasrah lg, saya udah siap dan nekat utk berangkat sendiri, kalo nantinya gak ada yg gabung.
Saya gak mau ambil resiko kena tiket mahal klo dadakan, jd emg niat pesen 2-3bulan sblmnya, jd mendaki solo adlh resiko terbesar.
Saya berani nekat, krn ada catper cewek yg pernah solo, dia pake porter dan pas mendaki ikut gabung tim lain yg dia temui disana. Aplg menurut info, skrg ada porter cewek jg. Ya resiko tambahan adlh kocek yg dikeluarkan jd nambah besar.
(tp Alhamdulillah, stlh mengalami sendiri pendakian kmrn, rasa2nya belum tentu sampe puncak misal sendirian -__-“)

Hampir semua akun di FB/twitter ttg Rinjani dan Lombok saya add/follow, utk tambahan info2 yg saya perlukan. Tiap minggu cek mbah gugle, kali aja ada info terbaru.
Sayang peminat Rinjani yg awalnya menggebu, makin lama makin mbleyot *bahkan yg mau brgkt Mei pun batal, krn ga ada peminat*, terbukti kan ‘Impian tanpa Usaha’ nya? Iya, mereka punya prioritas lain, itu hak mereka, meski saya sedikit kesel sm yg cupu2, yg gak punya prioritas, tp banyak koar sblmnya nyatanya gak ada usaha, lalu gitu aja gak berangkat. Heyy kesempatan belum tentu datang dua kali!!
Iya sih, ‘Tak akan lari gunung dikejar’ tp klo diem aja emg nyampe?

Lupakan,, fokus yg niat aja. Yg Tanya by sms ato PM saya ladeni, saya bujuk2 tanpa memaksa. Emg faktor tersulit di duit, hadeuh kalian kan baru dapet rapel ini, ntar jg ada si 13 itu, kalo emg niat ya sisihkan dunk, jd bbrp yg pesimis di duit saya bujuk paksa.
Awalnya ada satu orang, si udik, yg niat bgt, tenang tp pasti dia. Lalu dia ngajak amie, ceweknya, oke gapapa, ada tiga orang dan saya senang. Lebih senang lg amie ini punya banyak link di Lombok, jd sangat banyak membantu utk kemudahan urusan di transport dan penginapan. ^___^
Eh, ada satu lg yg diluar dugaan, yg saya sama sekali gak pernah berniat ngajakin malah ikut bergabung, mulai tanya2 lewat udik dan akhirnya ikut, si kadal. -__-“ tp saya gak pernah berharap banyak darinya, jadi ikut syukur gak jg syukur.
Rekan saya nez yg udah pernah sebelumnya jg bersedia ikut, cm nyusul k danau dr arah sebaliknya, oke gapapa, she’s my soulmate, yg klo saya akhirnya solo pun, dia mau nemenin. *meski akhirnya batal ikut krn tugas kuliahnya yg bejibun & deadline*
Sampe 2 minggu menjelang hari-H, hanya kami berlima yg fix. Saya menyerah? Tentu tidak.
Reman dan kehed, 2 orang yg peluangnya besar utk ikut, saya bujuk terus, dan hasilnya? Kehed sms saya mau bergabung H-5 sdg Reman telpon saya H-2. ini pun didukung sama Lion yg tiba2 promo H-7. Inilah Miracle.
Status saya H-5 ttg Rinjani jg akhirnya berujung keberuntungan, rekan saya -si eka ‘odah’- ada teman yg berniat naik pas tgl segitu jg, jadilah kami bergabung saja, drpd dia sendirian. ^___^ jadinya kami bertujuh!! Saya senang pastinya.

Urusan transport dan penginapan fix dipercayakan ke amie.
Kami berniat memakai porter utk memudahkan perjalanan kami, jd saya menghubungi Pak Supri dr Pos TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani), yg nomernya saya dapat dr internet, utk membantu kami mencarikan porter dan menyiapkan bahan makanan.
Beliau menawarkan kami paket pendakian, tp krn kami pendaki paspasan, jadinya kami pake semi paket, porter dan makanan saja.
Utk peralatan pendakian spt tenda, kompor+nesting, sleeping bag, matras dll akan kami bawa sendiri, lumayan mengirit.
Itinerary kami fix kan, gak Cuma utk pendakian aja, jg utk acara traveling kami selama di Lombok selepas pendakian, yaitu ke Air terjun di Senaru, Pantai Kuta dan Gili Trawangan.
Latihan fisik, baru mulai saya lakukan 2minggu sblmnya, itu pun ngasal, yg penting jogging buat endurance, hehe *inget fisik saya yg kepayahan waktu k Semeru, duuuh takut*
Duit mulai saya sisihkan, emg cukup besar, tp ya sudahlah, kapan lg, iya gak? mau nunggu murah keburu tua nanti,,
Cuti? udah saya minta sejak awal tahun, haha. sampe petugas bagian cuti pun apal saya mau cuti tgl segitu.
Ijin? Amazing, ortu yg slama saya kuliah dulu gak pernah mendukung kegiatan saya ini, jd baik bgt ngasi saya ijin dgn mudahnya skrg. Thanks my mom, my dad. ;)

Menjelang hari-H tentu banyak sekali masalah, mengingat perjalanan Semeru saya dulu jg gak mulus2 aja, jadi ya saya cukup sabar diri, pasti semua berbuah manis nantinya.
Alhasil, tgl 25 Juni 2011 jam 9.00 pesawat Lion membawa kami mendarat di daratan Lombok, dan RINJANI pun semakin dekat. ^____^



salam gerie lapantigabelas
14072011 13.35
@pojok es de em banten

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tombol follownya mana,dik?
oiya...skarang saya kenal dav

Posting Komentar

what's on ur mind? apa komentarmu?

Diberdayakan oleh Blogger.