Pages

Kamis, 29 September 2011

My Rinjani ~ ini cerita ku (go to Plawangan Sembalun)

Rinjani dari kejauhan
25 juni 2011
Pagi itu, jam 6 taksi sudah menunggu buat ke bandara.
Saya udik, dan kadal melaju ke bandara dlm keadaan tidur..-__-“
Jam 7 nyampe bandara,,smentara kami mnggunakan pesawat Lion jam 9.00 (itu klo ga delay,secara Lion! ;D)
Si iqbal ‘kehed’ yg katanya pesawat Lion jam 7 ternyata ada sdkt masalah,,shg jadwalnya pindah jam 9, bareng kita..
Sambil menunggu amie yg bawa tiket,,kami makan pagi di A&W.
Jam 8.30 kami check-in,,dan (tumben) tepat jam 9 kami dipersilahkan masuk k pesawat,,gak ada pengumuman delay..;)
2 jam perjalanan Jakarta-Mataram , cuaca cerah, sehingga penampakan puncak2 gunung terlihat jelas dr jendela pesawat. Termasuk gn. Agung di bali dan gn. Rinjani sendiri.
Jam 12 WITA,kami nyampe bandara Selaparang dgn pemandangan hampir 75% adlh orang bule. Oke,,spertinya memang sudah tiba di Lombok!! ^___^
Kami masih akan nunggu si Reman dr Padang, yg mnurut jadwal jam 3 WITA baru nyampe.
Jadi sambil menunggu, kami keliling Mataram sambil makan siang, mas Fery sbg driver kami, mengarahkan mobil menuju Jl. Ahmad Yani Sayang-Sayang (lucu kan namanya? ;D).
Siang itu kami makan di Lesehan Teduh, dgn menu andalan Pelecing Kangkung (udah niat mau wisata kuliner neeh slama di Lombok,,hoho)
David,,salah satu teman perjalanan kami datang, yg sebelumnya sudah di Lombok,, dia membawakan pesanan kami, gas dan spirtus buat bahan bakar nanti.
Kira-kira jam 2.30 kami kembali ke Bandara buat menjemput Reman, dan akhirnya jam 3.30 Reman nongol, dan kami bertujuh lengkap siap menuju ke Desa Sembalun diantar Mas Fery.
Dalam perjalanan ke Sembalun ini, kami disuguhkan pemandangan Pantai dan Hutan Pusuk bergantian, indah tentu saja! lalu masuk Desa Bayan (Salah satu Desa Adat di Lombok, yg dsana ada Masjid pertama di Lombok, sayang kami gak mampir sini)
Lalu gak lama kami masuk Desa Aikmel, dmana gn. Rinjani makin tampak jelas dan tinggi menjulang, dan 30menit kemudian tepat Adzan Maghrib kami sampe di Sembalun, lgsg menuju Maria Guest House, tempat kami bermalam.
Setelah menyelesaikan urusan administrasi dgn mas Fery (Rp600.000, membengkak krn ga sesuai perjanjian awal) dan bayar Guest House (Rp350.000) kami pun istirahat.
Sebelumnya saya sudah menghubungi Mas Supriyanto (atau Ragil Priyanto?) dr Pos TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) Sembalun, untuk membantu kami menyiapkan tenaga porter dua orang dan bahan makanan buat kami selama pendakian. Sejumlah Rp850.000 sudah saya transfer utk makanan buat 9orang (termasuk porter).
Sambil makan malam di salah satu warung penduduk, kami ngobrol santai dg Mas Pri ttg pendakian esok hari dan kenalan dg Mas Didik dan Mas Anang, porter kami. Suasana akrab pun lgsg muncul diantara kami, saling ceng2an gak jelas dan ngakak2 puas sblm bsok capek ga bs ktawa lg,,hehe.
Setelah makan malam, kami packing ulang, cukup bbrp barang pribadi yg kami bawa, selebihnya seperti tenda, peralatan masak dan makan, serta bahan makanan akan dibawa oleh Mas Didik dan Mas Anang.
Bisa dibilang kami turis nanggung,,;D gak biasa barang dibawain,, tp pengen nyantai,, jadinya ya kami tetep bawa carier dg isi lmyn dan porter pun jg bingung cm bawa dikit.
Biasanya turis2 yg ke Rinjani memang wajarnya, porter sama dgn pendakinya, jd misal 4 porter utk 4 orang yg naik, jadi ya tinggal ongkang2 kaki pas naik..-__-“
kami aja yg ga biasa nyantai!! *sombong* ;D
setelah packing ulang, jelas kami pun tidur, saving energy! dgn catatan (harusnya) jam 5 bangun dan jam 6 berangkat, dg alasan agar nyampe Plawangan Sembalun sblm gelap.

26 Juni 2011
jam 5 pagi fakta berbicara lain. Iya, jam 5 saya sudah bangun dan mandi. Yg lain? jam 6 aja sulit dibangunin!!!
jam 7 kami sarapan, yg sdh dipesan malam sblmnya. Saya dan udik ke pos TNGR dulu utk registrasi pendakian, dgn biaya Rp10.000/orang (termasuk asuransi) kami dapat ijin masuk dan dapat kartu ‘EntryTicket’ yg dipasang di tas kami.
selesai makan, kami pun siap melakukan perjalanan panjang, tp tentu saja kami  poto2 dulu di depan Pos dan berpamitan dg Mas Pri. Tepat jam 8.15 kami mulai jalan dr Gerbang Pendakian Jalur Sembalun.

seharusnya dr Gerbang sampe start point bs naik ojek, tp krn msh pagi kami memutuskan jalan kaki (keputusan yg salah..;D krn hrsnya kami bs menghemat waktu sampe 1jam)
kami baru jalan pun, mas Didik dan mas Anang sudah jalan cepat sekali sampe gak kelihatan,,diih dasar porter yak,,pdhl bawaan berat gtu,,mereka bawanya dg cara dipikul pake tongkat, kami mencoba buat poto pun,,cm sanggup bawa 1 menit..-___-“
1 jam pertama kami msh lewat jalan lebar, tanah berbatu dan berdebu yg motor yg msh hilir mudik, dgn kanan kiri lading penduduk dan bunga matahari yg cantik.
2 jam berikutnya kami mulai menembus padang Savanna yg luas sepanjang mata memandang, dan naik turun perbukitan.

Jam 10.20 kami istirahat di Kali lebar yg kering (mgkn dulunya jalur lahar), bareng bule dr Cina/Korea (lupa).
Jam 11.05 Kami kami nyampe di POS I, ada bekas pos yg udah rubuh. Istirahat 15menit.
Pos I ke Pos II gak bgtu jauh, kelihatan dr Pos I, yg hrs melewati bukit gundul hitam, bekas kebakaran.
Jam 12.00 kami tiba di POS II (Pos Tengengan), ada jembatan, Pos beratap dan kali yg airnya keruh. Disini ada banyak pendaki yg bersitirahat utk makan,,dan semuanya BULE!! mereka nyampe dan tinggal makan,,krn udah disiapkan oleh porter2 mereka.
Krn kami udah sepakat makan di Pos III maka kami cm istirahat 15 menit disini, dan lgsg lanjut ke Pos III.
Ternyata perjalanan ke Pos III cukup menguras tenaga, naik turun bukit, panas dan tentu saja, krn kami lapar.
Jam 12.40 kami istirahat lg di Batu besar, dsini amie dan david mulai terlihat kepayahan.
Jam 13.40 saya nyampe di POS III (Pos Padabalong), lg2 kali lebar yg kering, ada goa kecil dan pos beratap buat istirahat. Dsini mas Didik sdg masak, mas Anang cari air (katanya cm 5menit, tp dia lari!), Reman dan Kehed sudah menjamah bbrp pisang buat menahan lapar. Kira2 15menit kadal, amie, udik dan david baru nyampe.
Menu makan siang kami hari itu, sop dicampur dg mie rebus.
Jam 15.20 selese makan dan packing, kami siap meninggalkan Pos III dan mengejar target sampe Plawangan Sembalun utk camping.
Jalur menuju Plawangan ini ada 2, ke kanan ada Jalur Penyesalan yaitu naik turun 7 bukit, ini jalur lama. Dan satu lg jalur baru, yaitu ke kiri Jalur Penyiksaan, tanjakan 5 bukit.
Dari namanya saja, udah jelas pasti dua2nya menguras banyak tenaga. Kami lewat Jalur Baru, Jalur Penyiksaan, krn katanya sih lebih cepat sampe.
Disini tim mulai terpecah. Jelas mas didik dan mas anang lebih duluan, lalu reman dan kehed yg tenaganya super menyusul, saya yg mulai terengah2 di blakangnya, dan disusul d blkg ada kadal udik amie dan david.
Jam 16.40 kami istirahat, sambil menunggu udik, amie dan david yg spertinya ketinggalan jauh d blkg. Kabut mulai tebal dan dingin sekali.
Jam 17.40 stlh tim lengkap lg, kami mulai jalan, dan lg2 tim terpecah spt sebelumnya, namun kali ini reman menemani david. Hari mulai gelap dan dingin, tp saya memaksakan diri utk menuju ke Plawangan, pikir saya waktu itu, pelan asal nyampe, jgn bnyk istirahat, krn ada tenda yg hangat menunggu d atas. Cuma itu aja. Dan kamu, terimakasih udah menemani kenekatan saya!
Jam 19.13 akhirnya saya melihat papan tulisan ‘Plawangan Sembalun’, ya saya udah nyampe ;'), ada kehed dan kadal yg udah menunggu. Kehed blg mas didik lg bikin tenda, dan mas anang bru aja nyusul krn kakinya terkilir td.
Jadi kami memutuskan istirahat disitu dulu sblm menuju tempat camp kami, sambil menunggu yg lain yg msh dibawah.
Angin malam itu pun luar biasa kencang.
Reman dan david akhirnya nyampe jg, dan mas anang kembali utk menyusul udik dan amie yg msh di bawah.
Kami memutuskan ke camp mencari mas didik. 100mtr berjalan, ada bbrp tenda tp trnyata gak ada satupun tenda milik kami, mulai capek, akhirnya lg2 kami duduk istirahat.
Reman dan kehed trus jalan utk mencari mas didik dan camp kami.
Bbrp menit kmdn, udik dan amie akhirnya nyusul kami, brsamaan dg reman dan kehed yg kembali, dan kami pun brsama2 menuju camp kami.
Melihat tenda udah berdiri rasanya emg pengen sekali sgra masuk dan menghangatkan diri, tp kami blm makan, dan mas didik lg sibuk sendiri bikin makanan, sdg mas anang cari air, saya yg gak biasa diem aja gini, tentu aja ikut menyiapkan stdaknya air hangat buat kami minum utk mengurangi rasa dingin.
Susu cokelat hangat buat amie yg udah menggigil dan asmanya kambuh jg kopi buat yg laen, lumayan lah.
Krn udah hampir jam 10an, jd mas didik lg2 masak sop dan mie, biar cepat katanya, yg penting perut kita isi dulu.
Angin kencang ini membuat api unggun yg disiapkan mas anang gak mau nyala, kata mas didik sih jarang2 ada angin kencang gini. *hrsnya ini jd pertanda buat kita klo cuaca emg lg gak bagus*
Stlh makan malam, kami pun tidur, krn jam 2 pagi nanti hrsnya kami udah bangun, utk ngejar sunrise di puncak.