Pages

Kamis, 29 September 2011

My Rinjani ~ ini cerita ku (kunjungan ke Dewi Anjani)

gerie di puncak dg view kawah

jam 3 dinihari saya baru terbangun, dan refleks membangunkan yg laen, mas didik lgsg sigap membuatkan minuman hangat dan nyiapin cemilan2 yg akan kami bawa utk jalan k puncak.
Jam 4, setelah pemanasan udik reman kehed kadal dan saya berangkat ke Puncak dgn bekal secukupnya, sdg yg lain memilih utk tetap tinggal d tenda.
Perjalanan ke puncak awalnya menanjak, melewati bukit2 berpohon, baru bbrp menit aja, saya udah ngos2an, dan naik bareng 4cowok gini membuat saya terlihat paling lemah! ;(
Kemudian jalur berganti pasir dan sdkt landai, kdg nanjak. Krn gelap, saya fokus k depan mngikuti jalur yg ada, krn katanya kanan kiri jurang (tnyt emg iya dan menyeramkan, baru kelihatan pas turun)
Bbrp menit kemudian,, ada sebagian pendaki yg turun, entah mereka sbnrnya udah nyampe puncak atau tdk meneruskan perjalanan.
Kabut mulai menebal dan hujan (hujan krn tebalnya kabut atau emg hujan, gak tau)
Raincoat mulai basah, jaket bagian dalam pun sptnya jg bakalan basah, benar saja, krn kabut yg enggan menghilang dan hujan enggan berhenti, 2jaket yg saya pake akhirnya basah, dan angin mulai kencang. T_T
Badan menggigil tentu saja, tangan mati rasa, bernafas pun mulai kesulitan.
Matahari hrsnya udah muncul tp krn kabut tebal, kami gak bisa lihat apapun.
Kami (saya) rindu matahari. Yg hangat!
Kira2 jam 7.30 pemandangan baru terbuka,,tp masih minim matahari dan apa yg kami lihat? Puncak masih jauh...T____T


Sementara bbrp pendaki memutuskan turun krn cuaca yg gak bersahabat ini, ‘mau lihat apa di puncak?’ kata mereka.
Tp kami tetap nekat utk lanjut, aplg ada anak kecil klas 4SD yg jg tetap naik (krn dipaksa ayahnya kah?? ;D),,memberi motivasi lebih ke kami..
atau cm saya yg nekat? secara yg laen emg masih kuat buat lanjut, sdg saya? hmmm,,,
Bisa dibilang baru kali ini, saya memaksakan diri buat ke puncak *pikiran ‘Puncak bukan segalanya’ yg saya anut pun entah kemana*,,tepatnya kali ini saya berambisi buat ke Puncak, entah buat apa.
*pdhl dulu pas di Semeru, saya udah mau turun kalo gak dipaksa2 gambreng,,sampe hrs nangis2* ;D
tp yg namanya ambisi ya, kdg gak baik jg, badan saya dingin luar biasa, basah dan angin kencang bukan perpaduan yg bagus. Makin saya paksa makin lemah rasanya, nafas pun udah naik turun. Keberadaan anak kecil itu spt energy booster, kalo dia bisa, saya harus bisa! *pikir saya*
500 meter menjelang Puncak memang medan yg paling sulit, miring dan berbatu2, jalan 2 langkah turun 1 langkah!! ;( *rasanya bukan 500 meter tp puluhan kilometer dey*
bbrp kali saya istirahat, sempet tertidur krn ngantuk dan dingin yg luar biasa.
kehed dan udik udah di Puncak, mereka teriak2 memanggil, sdg reman dan kadal msh di blakang menemani saya.


Akhirnya dgn tertatih2 pun saya nyampe di PUNCAK Dewi Anjani 3726 mdpL. Jam 9.00 WITA. Alhamdulillah ya Rabb...;')

5 jam perjalanan kami ke Puncak. Yg normalnya 3-4jam saja, ahh emg lemah saya.
Ada apa di Puncak? Gak ada apa2.
Yaiyalah, kabut tetap tebal menutupi pemandangan.
Katanya disana kelihatan Danau Segara Anak dan Gn. Barujari. Gak ada kata saya.
Katanya disana terlihat Gunung Agung di Bali dg bentuk kerucut sempurna. Gak ada kata saya.
Katanya disana ada ini ada itu. Gak ada kata saya! ;(

Ahh kami pun cukup puas dg poto2 doang. Cm ada 3 tim dsini, kami berlima, ayah dan anak klas 4 SD td, dan satu cowok satu cewek dr Solo.

ini bapak dan anak itu yg akhirnya sampai Puncak jg,, thanks for inspiring..;)

Si ayah td cerita, dulu dia pernah bikin plang ‘Puncak’ tp trus dicabut sm penduduk, gak tau apa sebabnya. “Nah kyk skrg kalo kabut gini, kita poto gak ada buktinya kan klo ini di puncak.” katanya.

nah,,ini di Puncak lho,,wkwkwkwk

Iya jg sih, tp ya udahlah, udah nyampe Puncak gak perlu bukti kok, cukup saya lega krn udah menakhlukkan diri sendiri utk sampe disini.
*ato mgkn laen kali saya harus kesini lg? kalo ada duit yak ;D *

Jam 10.30 kami memutuskan turun, harusnya bisa lari pas turun, tp serius, medannya trnyata cukup menakutkan! kanan kiri wow jurang!


Saya siy emg ga berniat lari spt biasa,,mengingat msh 2hari perjalanan,,ya saya hemat kaki dunk... drpd udah pegel duluan,,hehe

salah satu jalur yg harus dilalui ;) lucuuuu

oiya,,pas turun menjelang Plawangan Sembalun,,saya sempet nyasar,,salah jalan,,udah teriak2 ga ada yg dengar,,dan Subhanallah saya lgsg lega begitu melihatnya yg berdiri diam nungguin saya (meski kesal,,knp diam aja coba td???)

Jam 12.30 kami nyampe Plawangan Sembalun kembali, makanan udah disiapkan buat kami, menu makan siang kami adlh gado2, jrg2 kan makan gado2 di gunung? ;D
Lalu kami tidur, sumpah capek dan ngantuk bgt! Dan rencana ke Danau yg harusnya siang itu juga pun diubah, mundur esok pagi.
Ahh keinginan utk bermalam 2 hr d Danau pun lenyap.
Cuacanya siang sampe sore labil bgt, kyk abege, sbentar panas sbentar hujan. *pdhl ini kan msh bulan juni, ga sharusnya ada hujan*
Kalo kata mas didik siy, krn ada yg meninggal di gunung, makanya hujan. *ya percaya gak percaya sih*
Tp yg tak terduga, sore itu PELANGI pun terbit di Plawangan Sembalun, sungguh mengagumkan. *untung belum turun ke Danau td*
Pastinya kami lgsg poto2 dg latar pelangi.


Sore itu cm kami habiskan buat poto2, bcanda, mengamati pendaki2 lain yg baru dtg, dan menunggu kabut yg menutupi danau hilang. Oh klo saya mencari monyet yg katanya ada banyak *tp kok saya doang ya yg gak lihat drtd*


Sunset pasti ada, tp tentu aja gak sempurna krn lagi2 berkabut, ya sudahlah.


Malam itu kami buat api unggun dan mas didik dibantu amie masak nasi goreng, hmmm harum bumbunya yg digoreng mengundang lapar.
Tp si amie ngasih cabenya kebnyakan, jadinya nasi gorengnya pedes,,klo saya sih gak masalah, lha kehed? hahahaha kasihan! *jd inget klo edhel gmn ya? ;D *
baru jam 8, perut yg lapar membuat mata jd berat, ya pilihannya tidur, aplg bsok pagi2 ud hrs moving k Danau.



salam gerie lapantigabelas
@ pojok es de em banten
14072011

0 komentar:

Posting Komentar

what's on ur mind? apa komentarmu?

Diberdayakan oleh Blogger.